Articles | in


Kekuatan adalah Uang di Tabungan Anda

by Mark Rippetoe | August 09, 2020

Translated by Joannes Marvin)

[Indonesian translation of Strength is Money in the Bank]

deadlifting to build strength

Dalam hidup ada banyak hal yang lebih penting dari uang. Seperti keluarga, pengetahuan, seni dan musik, cinta dan persahabatan, atau kesehatan Anda. Atau mungkin kebahagiaan, semangat hidup, kemenangan, kebangkitan dari kegagalan dan kepuasan atas kesuksesan Anda.

Namun ini saatnya untuk kenyataan. Semua hal ini tidak gratis, dan mungkin perlu dibayar dengan harga yang mahal. Karena itu, memiliki uang memanglah berguna.

Memiliki kekuatan fisik bagaikan memiliki uang di tabungan Anda, dengannya  Anda dapat melakukan hal-hal yang Anda ingin lakukan dengan tubuh Anda. Bekerja, berolaharaga, berburu dan memancing, dan tetap mandiri sampai hari tua Anda – kekuatan fisik Anda adalah dasar dari segala hal ini.

Saya mengerti jika Anda merasa bahwa ada banyak hal-hal lain yang terkesan lebih berguna untuk waktu dan intelek Anda, seperti duduk di bangku Akademia, menyelesaikan soal kalkulus, bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan filosofis, mengapresiasi seni, dan menghitung upah reparasi.

Namun jika Anda tetap dapat melakukan semua hal ini dan menaikkan kekuatan fisik Anda untuk melakukan deadlift yang terbilang, tentunya ini jauh lebih baik.


Mengejar kekayaan intelektual memang penting, tetapi memiliki tubuh yang kuat memampukan Anda untuk menopang kecerdasan itu, sehingga Anda dapat menikmati buah-buah pencapaian intelektual hingga usia lanjut. Kekuatan adalah antitesis dari kesehatan yang buruk, dan kesehatan yang buruk menghambat berkembangnya kecerdasan.

Faktanya, massa otot yang menyertai perkembangan kekuatan fisik telah terbukti mencegah penyakit dan efek buruk penuaan yang datang jika kita lengah akibat kurangnya perhatian kita akan kekuatan fisik kita. Kekuatan fisik adalah hak asasi setiap manusia. Semua orang bisa menjadi kuat dan tetap mempertahkankan kekuatannya, tetapi ini disertai usaha. Sayangnya, memang lebih mudah membuat alasan daripada berusaha belatih dengan squat dan deadlift.

Massa otot merupakan tanda keberadaan kekuatan fisik. Dan kekuatan adalah kunci dari umur panjang, kesehatan, dan pemeliharaan fungsi fisik. Amatlah disayangkan jika seseorang memiliki kecerdasan tinggi dalam tubuh yang lemah dan sakit-sakitan karena hasil kemalasannya sendiri.

Kalau Anda mau berumur panjang, alangkahnya baiknya mulai berusaha untuk masa tua Anda. Semua latihan "kardio" di dunia tidak akan melakukan apa pun untuk mempertahankan massa otot Anda, sementara latihan kekuatan yang efektif akan menumbuhkan massa otot dan menjaga kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Jika Anda menyadari bahwa Anda harus meluangkan waktu untuk berolahraga, latihan kekuatan adalah cara yang jauh lebih logis untuk memanfaatkan waktu yang ada.

Massa otot di tubuh Anda seperti uang di tabungan. Keduanya dapat diraih dengan perencanaan yang matang, dan keduanya merupakan salah satu hal terpenting yang Anda bisa capai – jika Anda berpikir jangka panjang. 


English version




Starting Strength Weekly Report

Highlights from the StartingStrength Community. Browse archives.

Your subscription could not be saved. Please try again.
Your subscription has been successful.